Saat ini banyak kemasan produk yang unik disediakan oleh penjual makanan. Namun, ternyata ada sebagian kemasan yang tidak baik dan kurang aman bagi kesehatan.

Kemasan produk untuk makanan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat setiap harinya. Perhatikan saja, baik saat sedang berbelanja di pasar tradisional maupun di supermarket, setiap belanjaan pastinya menggunakan kemasan. Bahkan untuk menyimpan makanan dirumah pun masyarakat tidak dapat terlepas dengan yang namanya kemasan. Untuk itulah, hendaknya kita lebih berhati-hati dalam memilih sebuah kemasan produk yang sehat dan aman terutama untuk makanan.

Sekarang ini banyak sekali kemasan produk yang disediakan oleh penjual makanan untuk mengemas produknya. Namun, ada sebagian kemasan yang tidak baik dan tidak aman bagi kesehatan. Perlu Anda ingat bahwa kemasan makanan berfungsi untuk melindungi makanan yang dikemas dari zat kontaminasi yang bisa menurunkan kualitas makanan. Selain itu, kemasan produk juga bisa bermanfaat sebagai daya tarik konsumen.

Seiring dengan berkembangnya berbagai bahan untuk membuat kemasan produk makanan, sekarang ini keamanan kemasan produk mulai diperhatikan oleh konsumen, terlebih lagi sekarang ini gaya hidup sehat telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat tidak hanya memilih bahan baku yang digunakan untuk membuat menu makanan, namun, kemasan produk sehat dan aman jadi pilihan konsumen.

Untuk itu, agar kemasan produk khususnya makanan dapat berfungsi dengan baik, maka bahan membuat kemasan produk makanan seharusnya memenuhi kriteria sebagai berikut.
  • Tidak beracun
  • Kedap udara
  • Kedap air
  • Mudah dibuka dan ditutup
  • Anti mikroba
  • Mudah dibuang
  • Mencegah kebocoran produk
  • Tidak merusak lingkungan
  • Cocok dengan produk yang dikemas
  • Memenuhi kebutuhan ukuran, berat dan juga bentuk

Timbulnya kepedulian para konsumen terhadap keamanan kemasan produk tersebut, maka pelaku bisnis yang bergerak di bidang bisnis kuliner atau makanan harus menyediakan serta menggunakan kemasan produk yang sehat dan aman sesuai standar kemasan pangan dari pemerintah.

Dengan kepedulian dari konsumen, produsen dan pelaku bisnis kuliner dalam menyediakan dan menggunakan kemasan produk yang sehat dan aman diharapkan bisa menjadi sebuah peningkatan yang baik dalam dunia bisnis kuliner di tanah air. Pelaku bisnis juga harus selalu mengutamakan kesehatan. Jadi dalam menjalankan sebuah bisnis kuliner, pelaku bisnis tidak hanya mementingkan keuntungan dan kualitas produk semata, akan tetapi sisi kesehatan juga perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Posting Komentar

 
Top