Mendesain sebuah kemasan produk adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah produk di pasaran. Jika sebuah produk menggunakan kemasan produk yang cukup unik dan menarik, maka para konsumen pun tidak akan sungkan untuk melirik produk yang Anda jual tersebut dan memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian.

Begitu pula sebaliknya, jika kemasn produk yang Anda gunakan terlihat tidak menarik, sudah biasa dipasaran dan tidak sesuai dengan target pasar yang Anda bidik, maka jangan harap para konsumen tertarik untuk membelinya. Bahkan untuk melihatnya saja konsumen akan merasa kurang tertarik.

Untuk menghindari hal itu terjadi pada produk yang Anda jual maka penting bagi pelaku bisnis memperhatikan desain kemasan produk untuk memancing rasa penasaran dari para konsumen terhadap produk milik Anda. Membuat sebuah kemasan produk memang dibutuhkan sebuah kreatifitas yang tinggi, berikut ini adalah tips sukses mendesain kemasan produk untuk UKM agar terlihat menarik dan laku keras dipasaran.

Pertama, unik dan kreatif. Jika Anda sebagai pelaku bisnis menginginkan produk Anda dilirik oleh banyak konsumen, maka buatlah kemasan produk dengan seunik dan sekreatif mungkin. Misalnya saja adalah kemasan sereal sarapan yang sering mencantumkan permainan labirin, teka-teki dan lain sebagainya untuk mendorong para konsumen agar mau membeli produk yang Anda jual tersebut.

Kedua, hati-hati dalam pemilihan font dan warna.Warna untuk sebuah kemasan produk sebaiknya disesuaikan dengan jenis produk yang dijual. Atau, jika sebuah perusahaan telah memiliki warna korporat sebagai ciri khas, maka warna tersebut bisa diaplikasikan pada sebuah kemasan produk. Pastikan bahwa Anda menggunakan font serta warna yang tepat dan kontras.

Ketiga, pastikan label mudah untuk dibaca. Sebagian para konsumen pasti akan membaca terlebih dahulu informasi mengenai produk yang akan mereka beli, karena mereka ingin tahu apakah barang yang akan mereka itu benar. Maka, sudah jadi tugas para pelaku bisnis untuk memastikan bahwa para konsumen bisa membaca informasi yang Anda cantumkan pada kemasan produk. Caranya dengan memastikan ukuran serat bentuk font yang digunakan jelas dan mudah untuk dibaca.

Keempat, memanfaatkan gambar. Kebanyakan orang sangat mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bisa dicerna oleh panca indera. Dalam hal kemasan produk, rangsangan yang paling mudah untuk dicerna konsumen adalh rangsangan visual. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika ANda menyertakan gambar atau visual yang menarik pada desain kemasan produk Anda.

Kelima, gambar sesuai dengan produk. Gambar, warna, bentuk font serta bentuk kemasan haruslah sesuai dengan produk yang dijual. Sebagai contohnya saja, jangan pernah menempatkan gambar anjing pada desain kemasan produk untuk hotdog. Hal itu bisa saja menyesatkan para konsumen dan mereka tidak mau membeli produk yang Anda jual karena mereka berfikir bahwa hotdog adalah makanan anjing atau makanan yang terbuat dari daging anjing.

Keenam, gunakan bahasa dengan tepat. Pilihlah bahasa yang pas sesuai dengan produk yang Anda jual. Pada jaman seperti sekarang ini, konsumen sangat sulit untuk diyakinkan jika hanya dengan gambar-gambar yang indah saja. Disamping gambar yang menarik, mereka juga membutuhkan informasi yang banyak dan sesuai. Anda sebagai pelaku bisnis harus berhati-hati dalam penggunaan bahasa, termasuk dalam hal ejaan dan tata bahasa. Tidak jarang para konsumen akan menilai sebuah kualitas produk dari bahasa yang Anda gunakan dan cantumkan dalam kemasan produk.

Ketujuh, kenyamanan. Yang tidak kalah penting dan tidak boleh terlupakan dalam mendesain kemasan produk adalah pastikan bahwa kemasan produk yang Anda gunakan mudah dan nyaman untuk digunakan.

Kedelapan, terlihat kokoh dan tangguh. Salah satu fungsi pokok sebuah kemasan produk adalah untuk melindungi produk. Dan bagi para konsumen, keamanan sebuah produk adalah hal yang sangat penting dan tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Kesembilan, mudah dibuka. Buatlah kemasan produk yang mudah untuk dibuka sehingga para konsumen tidak akan kerepotan saat akan membukanya.

Demikianlah beberapa tips sukses mendesain kemasan produk untuk UKM yang dapat kami informasikan, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam mendesain kemasan produk. Dan jangan pernah lupakan untuk membuat desain produk yang sederhana namun mencolok agar mampu menarik minat konsumen dan pilihlah desain kemasan produk yang mudah untuk dikenali konsumen dari berbagai usia. Salam sukses!

Posting Komentar

  1. Desain kemasan merupakan faktor penting dalam menunjukan brand, Bagi orang yang tidak banyak mengerti desain, saya biasanya menggunakan jasa desain kemasan berkualitas dan murah Sribu biasa anda pilih sebagai referensi.

    BalasHapus

 
Top