Dalam aktivitas sehari-hari,kebanyakan masyarakat tak lepas dari menggunakan sebuah  produk. Dari bangun tidur hingga kembali tidur, ada produk baju, sepatu, tas, lalu jika berbelanja kita juga disuguhi banyak ragam pilihan produk. Semua produk itu saling bersaing antara satu dengan produk lain, sama dengan produk yang tidak sama. Masing-masing produk memiliki identitasnya, agar masyarakat lebih memilih produknya daripada saingannya. Masyarakat tidak mau repot untuk mengenal lebih dalam tentang produk. Umumnya, mereka hanya tertarik oleh kemasan luar. Puas atau tidak puas, adalah hasil akhir dari "coba-coba" karna melihat kemasan itu. Dari sini, kita bisa melihat sedikit tentang manfaat kemasan
Lalu, sudahkah anda punya identitas dari kemasan anda? Mari kita lihat sekilas manfaat kemasan.

Kemasan produk sebagai brand image

Brand image akan membuat para konsumen atau siapapun yang melihatnya sepintas suatu kemasan produk akan segera mengetahui produk yang dikemasnya tersebut. Hal ini tentu saja karena adanya suatu ciri yang unik dan mudah untuk dikenali yang telah melekat pada kemasan produk tersebut sejak lama. Cara unik tersebut juga bisa memudahkan para konsumen untuk melakukan pembelian kembali atau ulang.
Dengan kemasan produk yang menarik dan unik juga bisa membentuk image atau citra sebuah produk. Untuk itu penting bagi para pelaku bisnis mengetahui peranan penting suatu kemasan produk dan dapat menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan.

Kemasan produk sebagai pelindung

Kemasan produk harus bisa melindungi produk dari pengaruh luar maupun dalam, misalnya saja kelembaban, sinar ultraviolet, pengaruh O2 atau oksigen serta harus bisa melindungi dari adanya pengaruh handling yang tidak benar. Penggunaan bahan baku yang memiliki kualitas bagus dan handling yang benar adalah salah satu upaya cara melindungi produk mulai pada saat pengemasan, dikonsumsi sampai tanggal kadaluarsa.

Kemasan produk sebagai daya tarik

Dalam membuat kemasan produk diperlukan sebuah keahlian dalam memadukan desain kemasan produk yang dibuat, proses cetak dan juga finishing serta proses pembuatan pada mesin pengemas. Bentuk, warna, ukuran serta informasi lengkap yang dicantumkan dalam kemasan produk juga menimbulkan daya tarik yang luar biasa. Selain itu, penampilan gambar juga sangat mempengaruhi 75% keputusan para konsumen untuk membeli produk tersebut. Jadi, kemasan produk sangatlah menentukan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk.

Kemasan produk sebagai alat penanda

Cetakan yang terdapat dalam kemasan produk harus tertulis, bisa dibaca dan terlihat dengan jelas jenis produknya, nama produsen, berat produk, cara penggunaan, pengedarnya di Indonesia dan tanda-tanda lainnya.

Kemasan produk sebagai alat promosi terselubung

Secara tidak langsung suatu kemasan produk harus bisa menjual dirinya sendiri, mampu berkomunikasi dengan baik dan juga menjadi iklan atau promosi terselubung yang gratis saat berada di etalase atau saat di distribusikan, oleh sebab itu buatlah desan kemasan produk semenarik mungkin.

Kemasan produk sebagai alat pemindahan

Kemasan adalah sebuah wadah bagi suatu produk yang sekaligus bisa berfungsi sebagai alat yang memudahkan produk tersebut untuk dibawa dalam proses pemindahan dari seorang produsen hingga ke tangan konsumen maupun dari tempat yang satu ke tempat yang lain dengan jumlah berat atau isi tertentu.

Posting Komentar

 
Top