Kantor Penanama Modal kabupaten TEGAL mengadakan pelatihan kepada UMKM binaan disperindag dengan bekerjasama dengan mitra kemasan (Rumah Kemasan UMKM Jawa tengah). Acara ini dilaksanakan di hotel Permata Inn Kab. Tegal dengan menghadirkan peserta sejumlah 80 orang, dari semula 45 undangan. Acara ini membahas mengenai bagaimana kemasan UMKM dapat meningkatkan penjualan, sekaligus menjadikan media promosi umkm agar mampu bersaing dengan produk-produk import. 

Dalam acara ini dihadiri oleh kepala kantor penanaman modal bapak Bambang Setiono dan dari rumah kemasan diisi oleh tiga orang trainer, dari kemasan UMKM yaitu Eko Novianto (spesialis strategi marketing umkm) dengan membawakan tema menjadikan kemasan sebagai media marketing dan juga bapak Fauzun dalam hal ini membahas branding, ekspor dan juga sekaligus pelaku bisnis umkm bidang keripik dengan brand krezzo food yang sudah ekspor ke beberapa negara termasuk taiwan. 

Pembicara ketiga adalah Agung Tri sebagai praktisi kemasan dan sekaligus memberikan sesi praktik bagaimana mengemas produk makanan yang baik dan menjadikan kemasan lebih menarik. Agung yang keseharian merupakan pengusaha desain grafis dan cetak ini sudah bertahun-tahun bergelut dengan kemasan umkm dan memegang produksi kemasan umkm terkenal di semarang seperti tahu baxo bu pudji dan bandeng juana.

Pelatihan kemasan ini sangat penting bagi umkm karena dengan memperbaiki kemasan maka potensi peningkatan penjualan juga akan semakin baik. Fauzun menuturkan bahwa produk-produk olahan umkm di Indonesia rata-rata memiliki kualitas yang bersaing dengan produk luar negeri namun sayang sangat lemah dalam hal mengemas makanannya. Oleh sebab itu rumah kemasan umkm jawa tengah ini membantu memberikan solusi yang baik dalam hal kemasan, branding, perijinan halal, dan strategi pemasaran melalui kemasan. (EN)

pemateri dari mitra kemasan pak fauzun membahas tentang kemasan ekspor umkm

beberapa contoh kemasan umkm 

trainer Agung Tri sedang mendemonstrasikan bagaimana membuat kemasan yang baik

Peserta sedang berdiskusi intens mengenai kemasan UMKM

sesi tanya jawab seputar kemasan


sedang memberikan demonstrasi kemasan umkm



foto bersama peserta pelatihan umkm

beberapa produk umkm binaan yang akan dikemas ulang produknya

Posting Komentar

 
Top