Usaha kecil dan menegah harus cermat dalam memanfaatkan peluang usaha sebab merupakan usaha yang paling strategis dan terus berkembang seiring perkembangan ekonomi. Ekonomi yang maju disokong oleh UKM yang terus berkontribusi terhadap pendapatan nasional. Selain itu sektor UKM juga berpotensi terhadap penyerapan tenaga kerja. Pasar UKM sebenarnya terus meluas menembus pasar internasional. Ekspor adalah salah satu tujuan pemasaran ke luar negeri. Bagi pengusaha UKM perlu diketahui Produk UKM apa saja yang dicari dipasar ekspor. Dengan begitu mereka dapat memanfaatkan peluang ini dan memproduksinya menjadi produk yang siap ekspor.
Pengetahuan tentang produk yang paling dicari di pasar ekspor dapat membuat strategi tersendiri bagi UKM yang bingung menentukan produksi produk yang mau dipasarkan atau produk yang sudah dijalankan sekarang belum bisa menembus ekspor. Dengan informasi produk UKM yang paling dibutuhkan ini maka akan membuat UKM lebih bersemangat dan terus maju untuk menembus pasar luar negeri.
Memang perlu standar kualitas yang baik dan memenuhi standar pasar negara tujuan ekspor agar produk bisa lolos dan masuk ke negara tujuan ekspor. Semua itu merupakan tantangan dan perlu niat yang kuat bagi pengusaha UKM dalam memenuhi semua syarat standarisasi produk yang ditentukan.

Apa saja produk UKM yang paling dicari di pasar ekpor yaitu:

1. perhiasan dan aksesoris
2. obat-obatan herbal
3. minyak esensial/minyak aromaterapi
4. teh
5. gift product (kado)
6. produk kulit
7. sayuran
8. kerajinan daerah
9. madu
10. produk perikanan
11. payung
12. pakaian dalam
13. sumpit

Jika anda menekuni beberapa usaha diatas maka anda memiliki kesempatan yang besar untuk memasuki pasar ekspor. Ini sebuah tantangan bagi anda yang mau naik kelas dan menguasai pasar internasional. Dengan begitu kapasitas usaha anda akan semakin besar dan memberikan keuntungan yang besar pula. Tetapi jika sudah bisa menembus pasar ekspor maka anda juga harus berpikir dan selalu membuat strategi baru agar pasar anda tetap terjaga secara konsisten dan tidak terputus ditengah jalan.

Posting Komentar

 
Top