Modal uang menjadi sebuah hambatan terbesar yang dihadapi oleh banyak pengusaha pemula. Apakah memulai usaha memang selalu mebutuhkan modal uang dan bagaimana jika tidak punya uang haruskah tidak jadi menjadi wirausaha atau berusaha. Itu menjadi pertanyaan yang selalu membayangi setiap orang ketika memulai usaha. Memiliki usaha pada dasarnya tidak sesulit yang dibayangkan tetapi juga tidak semudah yang diimpikan. Oleh karena itu menjadi seorang wirausaha merupakan sebuah tantangan yang besar bagi siapa saja yang ingin menekuninya.
Menjadi wirausaha tentu mempunyai pengaruh yang penting dari dalam perusahaan yang sedang dikelolanya. Tanggung jawab mengelola perusahaan dan juga terhadap karyawan yang menjadi penopang, merupakan inti daripada usaha itu sendiri. Karena perlu dipahami bahwa kerja tim adalah hal yang dapat membentuk dan mengangkat nama. Namun, itu semua adalah proses yang sedang dialami wirausaha. Maka, langkah awal untuk bisa menciptakan usaha dengan adanya minimalitas dana, merupakan hal yang penting, namun bukan utama.
Terkadang uang menjadi sesuatu yang sangat menentukan sebuah usaha padahal ada banyak juga yang sudah banyak uang tapi masih bingung memulai usaha apa. Itulah realitas dalam dunia bisnis yang tidak dapat dipungkiri. Sebenarnya apakah memang modal uang yang terbatas bisa mempengaruhi sebuah usaha yang baru dirintis?bagaimanakah jawaban menurut anda?
Modal yang terbatas akan berpengaruh terhadap pola usaha yang akan dipilih, tetapi apakah dalam melakukan usaha anda menyesuaikan modal yang dimiliki atau merealisasikan ide bisnis yang ada dipikiran anda. Dua hal ini memang selalu beriringan dalam membuat rencana bisnis menjadi sebuah konse bisnis yang nyata. Tapi ada sedikit perbedaan bahwa jika menyesuaikan modal yang terbatas maka anda hanya akan mencari usaha yang modal terjangkau dan tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai minat. Meskipun begitu merealisasikan ide bisnis anda maka ditentukan juga oleh kapasitas modal uang anda namun setidaknya ada memilih sebuah usaha atau kegiatan minimal yang mengantarkan anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan anda.
Ada beberapa jenis atau bidang usaha yang tidak harus terbatas pada modal terutama dibidang jasa tertentu. Itu semua sebuah pilihan sehingga tergantung darimana anda memilih dan menggunakannya. Yang paling penting adalah jika memulai usaha anda bisa mengoptimalkan pada semua sumber daya yang dimiliki.

Posting Komentar

 
Top