Kemasan produk merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi banyaknya permintaan konsumen dan banyaknya penjualan terhadap produk UKM.

Ada adalah beberapa fungsi kemasan produk bagi pelaku UKM yang penting untuk diketahui oleh pembuat kemasan maupun pengguna kemasan.


Fungsi Kemasan Produk Bagi Pelaku UKM



  • Kemasan produk sebagai pelindung

Setelah prosuk dipasarkan maka akan banyak hal yang akan terjadi pada produk kita. Produk akan bersinggungan dengan banyak aspek seperti produk lain, manusia, cuaca, bahkan kondisi-kondisi ekstrim yang lainnya. Disinilah fungsi penting kemasan harus bisa melindungi produk dari apapun agar dapat selamat sampai tangan konsumen.

  • Kemasan produk sebagai daya tarik

Kemasan yang ideal akan memberikan nilai lebih yaitu daya tarik. Daya tarik itu datang dari perpaduan antara bentuk dan desain kemasan. Dengan memperhitungkan teknik produksi, penempatan kemasan, psikologi konsumen, dll maka bisa dirancang sebuah kemasan yang benar-benar dibutuhkan sebuah produk dan uga menarik bagi konsumen.

  • Kemasan produk sebagai alat pemberi informasi

Setelah tertarik dengan kemasan produk, konsumen akan mencari tahu lebih detil tentang informasi produk. Untuk itu informasi tentang produk sebaiknya disertakan dalam desain kemasan yang membuat konsumen akan lebih yakin kepada suatu produk.

  • Kemasan produk sebagai alat promosi terselubung

Dengan persaingan yang semakin ketat produk diharapkan mampu bersaing dan memberi dampak positif kepada perusahaan. Untuk meningkatkan penjualan, produk dituntut dapat menjual dirinya sendiri, merayu konsumen dan mempromosikan dirinya sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan mendesain kemasan yang informatif dan komunikatif. Secara tidak langsung kita telah membuat alat promosi terselubung di kemasan produk.

  • Kemasan produk sebagai alat pemindahan

Dalam proses distribusinya, produk akan berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat yang lain sebelum sampai ke tangan konsumen. Bisa saja produk diangkut menggunakan kendaraan, dibawa dengan tangan, atau diperlakukan seperti apapun. Agar dapat memberi keamanan terhadap produk maka desain kemasan pun harus menunjang kegiatan-kegiatan tersebut.

  • Kemasan produk sebagai brand image

Wujud yang akan dilihat konsumen sebelum memilih barang adalah kemasannya. Kemasan akan memberikan kesan kepada konsumen. Mulai dari kesan terhadap warna, bentuk maupun desain keseluruhan kemasan. Dengan memberikan citra atau kesan yang sesuai tengan yang konsumen kehendaki maka produk akan mudah diingat dan memudahkan konsumen untuk membeli kembali. (risete115)

Posting Komentar

 
Top