Persaingan bisnis yang semakin gencar membuat para pelaku bisnis harus benar-benar pintar mencari jalan agar produknya terus dicari konsumen. Selain mutu produk, kemasan atau packaging juga memiliki andil untuk menarik minat konsumen.

Jika kita amati perilaku konsumen saat berbelanja di supermarket atau minimarket, tidak semuanya memiliki waktu untuk berlama-lama mengamati satu persatu produk. Ada konsumen yang hanya mengandalkan logo atau kemasan untuk mendapatkan produk yang dicarinya. Kemasan menjadi salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila sebuah kemasan produk terlihat menarik dan memiliki karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat produk tersebut.




Karena itu dalam mendesain sebuah kemasan, hendaklah dibuat dengan bentuk, warna, dan tulisan yang menarik dan unik sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya. Kemasan yang unik akan mencuri perhatian konsumen untuk memperhatikan produk anda dan kemudian akan mempertimbangkannya untuk membelinya. Bisa saja terjadi, seorang konsumen pada awalnya tidak tahu produk anda, tapi karena produk anda memiliki kemasan yang menarik maka ia menjadi tertarik dan membelinya.

Pada dasarnya desain kemasan mempengaruhi apa yang ada di dalamnya. Karena itu pengaruh bentuk, warna, bahan, desain kemasan dapat mempengaruhi konsumen. Sebaiknya anda mencari tenaga yang berpengalaman dalam hal mendesain kemasan produk yang menarik dan tetap menonjolkan ciri khas produk anda. Perilaku konsumen yang semakin kritis terhadap kemasan produk, terlebih untuk kemasan produk makanan harus mendapat perhatian khusus. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan, mudah dibawa, serta aman dan tidak menimbulkan kontaminasi pada makanan, serta memberikan informasi produk yang memadai akan menjadi pilihan konsumen.



Selain faktor-faktor tersebut anda juga harus memperhatikan apa yang menjadi tren di masyarakat. Kemasan yang tidak up-to-date akan memberikan kesan produk anda ketinggalan jaman, kecuali jika memang produk anda sudah dikenal luas dan memiliki brand awareness yang kuat.

Kemasan yang bagus tentu akan mempengaruhi harga produk. Untuk itu anda harus memiliki strategi untuk menyiasatinya. Namun bagi sebagian konsumen yang sangat mengutamakan mutu, harga tidaklah masalah jika memang produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas.

Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Membuat Kemasan Produk


Berikut ini adalah beberapa poin yang harus anda pertimbangkan dalam membuat kemasan:

1. Target market yang jelas.

Saat anda berencana membuat kemasan, anda sudah harus menentukan siapa target pasar anda, apakah anak-anak, remaja, ibu rumah tangga, atau umum. Dengan mengetahui siapa yang menjadi pangsa pasar anda, maka penjualan anda bisa berjalan maksimal. Selain itu penggunaan bahasa dalam kemasan juga ikut memiliki pengaruh yang besar. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan akan mempermudah konsumen untuk menggunakan produk anda.

2. Kemasan yang eye catching.

Kemasan hendaklah bisa langsung menarik perhatian konsumen saat pertama kali melihat produk anda. Penggunaan warna-warna yang cerah dan kemasan yang praktis seringkali menjadi pilihan pengusaha dalam mendesain kemasan. Sesuaikan ukuran kemasan dengan isi atau produk.

3. Kemasan yang berkarakter.

Persaingan bisnis yang semakin keras memang tidak dapat dihindari. Untuk itu buatlah kemasan yang memiliki ciri khas usaha atau produk anda. Menggunakan logo dalam kemasan juga bisa menjadi pilihan agar konsumen bisa langsung mengenali produk anda.

4. Kemasan sebagai media promosi.

Saat ini kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus produk saja, melainkan juga sebagai media promosi usaha/produk anda. Untuk itu buatlah special packaging untuk acara tertentu seperti hari raya atau event tertentu seperti piala dunia dsb.

5. Kemasan yang praktis.

Kemasan hendaklah mudah dibawa kemana-mana. Hal ini untuk mempermudah pendistribusian produk dan menjaga kualitas produk dimana anda tidak perlu memegang produk secara langsung sehingga memininalkan kontaminasi.

Kemasan suatu produk memiliki peran yang sangat penting dalam proses penjualan produk anda. Memilih kemasan yang unik dan memberikan hadiah atau bonus dalam kemasan dapat anda jadikan opsi berjualan. (zahiraccounting.com)

Posting Komentar

 
Top