Saat ini pasar menuntut kertas kemasan tidak hanya difungsikan sebagai sarana untuk menyimpan produk yang akan dikemas saja, melainkan juga diharapkan menjadi media untuk promosi bagi produk yang dipasarkan sekaligus meningkatkan citra produk tersebut. 

Di lain pihak, dengan pesatnya perkembangan teknologi cetak dan pengemasan, menuntut produk kertas kemasan yang mampu dicetak dengan baik, menghasilkan warna yang tajam serta se-suai untuk berbagai aplikasi proses paska cetak seperti embossing (timbul), spot varnish (mengkilat di bagian tertentu, die cutting (bentuk yang sudah dipotong) bahkan blister (dipanaskan pada suhu tinggi).

Kemasan Makanan Yang Memenuhi Standar Untuk Mengemas Makanan


Saat ini beberapa produk premium high-bulk ivory board yang mempunyai banyak fungsi dengan kualitas cetak tinggi, gambar tajam serta aman untuk bersentuhan langsung dengan makanan dan masuk ke dalam kategori food grade paperboard. 

Melalui inovasi yang terus menerus yang didukung dengan pengembangan tehnologi, kertas untuk kemasan makanan ini mampu untuk mengemas berbagai kegunaan yakni:
  • Regular sizing, digunakan untuk kemasan secara universal/ umum
  • Hard sizing, dipergunakan untuk kemasan yang dapat disimpan dalam kondisi dingin/beku dengan  tingkat kelembaban lingkungan yang tinggi; dan sekaligus dapat dipanaskan di microwave.
  • Grease resistance, kertas kemasan yang dapat menahan penetrasi minyak.


Ketiga tipe di atas, memiliki kualitas cetak yang baik dan mampu diblister (kertas tidak melepuh ketika dipanaskan pada suhu tinggi). Dengan menggunakan produk ini, hasil cetak yang didapatkan akan lebih baik dengan resolusi yang tajam serta mampu untuk dipergunakan sebagai kemasan blister pack. Selain memiliki tingkat smoothness (halus permukaan kertas) yang baik untuk memberikan hasil cetak yang tajam dan rata. 

Kertas jenis ini telah diuji dan hasilnya aman saat bersentuhan langsung dengan makanan, tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak ada migrasi dari bahan- bahan yang dipergunakan ke dalam makanan. Tidak ada pelapisan PE untuk tipe hard sizing grade, namun tetap memiliki kelakuan yang stabil dalam kondisi dingin/beku dan memiliki water repellency (kertas tidak basah dan rusak bila kena air) yang baik, serta aman untuk dipanaskan di dalam microwave.

Dari hasil uji oleh ISEGA merujuk pada article no. EN 1230-1 dan 1230-2, produk kertas ini tidak akan mempengaruhi rasa maupun aroma dari produk makanan yang dikemas. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini benar-benar aman untuk dipergunakan sebagai bahan kemasan makanan. Kertas jenis ini dapat digunakan untuk kemasan makanan yang dibekukan/ didinginkan kemudian dipanaskan dengan microwave, sehingga dapat digunakan pada semua aplikasi kemasan, antara lain untuk kemasan keju, butter, frozen food (makanan beku), chicken nuggets, kemasan untuk kosmetik, alat rumah tangga, obat-obatan, mainan, sabun cuci dan lain sebagainya. 

Selain itu kemasan makanan dengan bahan karton lapis PE, seperti untuk lunch boxes, paper plates dan trays, serta aneka paper cups, yang multi fungsi. Bentuk kemasan makanan ini didesain untuk disposable food packaging, sangat ideal dan praktis untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk kebutuhan take away. Kemasan untuk Lunch Boxes, Paper Cups yang didesain untuk mengemas minuman panas dan dingin terbuat dari bahan board yang berkualitas termasuk coated dan uncoated Paper Tray, Paper Plates yang bisa didaur ulang. Karton disposable seperti Fry Pouch, Food Pails, Clamshells, Snack Boxes serta Food Wraps sangat higienis untuk mengemas makanan.

Posting Komentar

 
Top